Rabu, 22 Agustus 2012

Seputar Gelar-gelar, Jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi

Jalur pendidikan Profesional : 
1. Diploma I, Sebutan "Ahli Pratama", Singkatan "A.P."
2. Diploma II, Sebutan "Ahli Muda", Singkatan "A.Ma."
3. Diploma III, Sebutan "Ahli Madya", Singkatan "A.Md."
4. Diploma IV,
Sebutan "Ahli", Singkatan "A." (Setara dengan S1 (Sarjana)),Tapi ada juga yang menyebutnya "Sarjana Sains terapan", gelarnya "S.ST",

Jalur pendidikan Akademik :
5. Sarjana 1(Strata 1), Sebutan "Sarjana ...", Singkatan "S.(...)"
6. Sarjana 2(Strata 2), Sebutan "Magister...",Singkatan "M.(...)"
7. Sarjana 3(Strata 3), Sebutan "Doktor...",Singkatan "Dr."

Tapi ada juga namanya Sp1 (Spesialis 1),Sp2 (Spesialis 2), memang tidak begitu akrab di telinga masyarakat luas,,spesialis satu itu setara dengan Master, sp.2 setara dengan Doktor,,jalur spesialis itu lebih mudah dicontohkan di bidang kedokteran jalur akademisnya.
Bahkan pada jaman dulu ada jenjang S0,(Non gelar),,dulu itu setara dengan Diploma(baik 1,2,3/4).

Dan 1 lg,gelar "Professor", itu bukanlah gelar akademik.Gelar tertinggi yang bisa diraih oleh seseorang dari perguruan tinggi itu adalah "Doktor".
Sebutan "Professor/Guru besar" dapat diberikan kepada seseorang yang telah menghasilkan karya ilmiah dan buah pemikiran yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemaslahatan masyarakat.Dan Pemberian nama itu tidak sembarangan, melibatkan para guru besar lainnya, pejabat-pejabat berwenang, bahkan mungkin ahli dari luar negeri.Gelar tersebut masih hanya dipergunakan selama yang bersangkutan masih aktif bekerja (sebagai pendidik/pengajar) di PT nya.

Dari berbagai sumber.

2 komentar:

  1. OH BARU TAU KAMI BAHWA PROFESSOR ITU BUKAN GELAR TAPI JABATAN, SOALNYA ADA TETANGGA KAMI MANTAN DOSEN DAN SDH PENSION DIRUMAHNYA TETEP DIA NULIS PLANG NAMANYA PROFESOR, DAN KALOK BIKIN SURAT2 ATO APALAH DIA SELALU NYANTUMIN PROFESSOR, BAHKAN KALOK DIPANGGIL "PAK" DIA TERSINGGUNG, HARUS DIPANGGIL "PROF" GITU...
    WELEH2......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa..gila sanjungan tuh orang, asal beneran pinter gk pa2 jg seh..

      Hapus